5 Plugin Notepad++ yang Semakin Memudahkan Ngoding

Plugin yang bisa memudahkan programmer dalam ngoding untuk teks editor Notepad++. Notepad++ sendiri merupakan teks editor gratis yang mendukung banyak bahasa seperti C/C++, HTML, CSS, PHP, dan lain sebagainya.

Notepad++ memiliki banyak plugin yang bisa diinstal dan digunakan sehingga akan memudahkan pekerjaan programmer ketika ngoding. Untuk melihat daftar plugin yang tersedia untuk Notepad++, pada Notepad++ Anda klik menu Plugin -> Plugin Manager -> Show Plugin Manager. Kemudian akan terbuka jendela yang menunjukan daftar plugin yang dapat kita pakai.


Explorer

Explorer merupakan plugin yang berfungsi untuk menampilkan daftar file dan folder pada komputer kita. Plugin ini sangat bermanfaat khususnya untuk programmer web yang sering bekerja dengan file dan folder.


NppFTP

Plugin ini hampir mirip seperti plugin Explorer di atas, hanya saja plugin ini menampilkan daftar file dan direktori pada server FTP. Plugin ini dapat melakukan pekerjaan seperti aplikasi FTP client misalinya transfer file dari local ke remote atau sebaliknya, mengubah file/direktori pada komputer remote, dan lain sebaginya.


Autosave

Plugin ini sangat bermanfaat bagi programmer yang kerap lupa dalam menekan CTRL+S. Sesuai dengan namanya, plugin ini berfungsi untuk melakukan penyimpanan dokumen secara otomatis dalam rentang waktu tertentu (default 1 setiap 1 menit). Tentu saja ini akan bermanfaat sekali apabila ketika di tengah-tengah proses ngoding tiba-tiba terjadi mati listrik atau komputer hang, pekerjaan kita tidak hilang, atau setidak nya tidak hilang seluruhnya.


JSLINT

Plugin ini bermanfaat bagi programmer web yang sering menggunakan JavaScript dalam pekerjaanya. Plugin ini berfungsi untuk mengecek validitas dan menjaga kualitas kode javascript, JsLint kita gunakan untuk memeriksa sebuah dokumen/kode Javascript sehingga akan ditampilkan berbagai informasi bermanfaat untuk membuat kode menjadi lebih baik. Didalam plugins ini juga disertakan opsi apakah akan menggunakan JsLint atau JsHint, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan keunggulan yang berbeda.


Falling Bricks

Kemudian plugin yang terakhir adalah Falling Bricks, plugin ini sebenarnya tidak ada hubunganya dengan proses koding ataupun pembuatan program. Plugin ini sejatinya adalah sebuah game tetris sederhana yang bisa membantu programmer mengusir kebosanan ataupun kepenatan setelah membuat kode program yang rumit dan menjemukan


Sumber : codepolitan(dot)com

About oh andrian

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment