Plugin Kamus Bahasa Indonesia di Microsoft Word

Anda sedang menulis Skripsi, Tesis ato Disertasi dalam Bahasa Indonesia dan Anda sering melakukan kesalahan ketik??? kok tau…. ;)
Kesalahan ketik dan kesalahan penulisaan ejaan dalam Bahasa Indonesia sering dialami ketika kita menyusun penulisan karya ilmiah dengan menggunakan Software Word Processor seperti Microsoft Word-saya yakin kita semua familier menggunakannya dan mungkin ini salah satu software yang paling banyak digunakan untuk menulis karya ilmiah. 

Ketika kita menyusun karya ilmiah menggunakan Microsoft Word dibutuhkan ketelitian lebih untuk mengoreksi hasil ketikan tulisan kita sebelum diajukan kepada dosen untuk direview. Nah, untuk mengurangi kesalahan ketik ketika menyusun karya ilmiah menggunakan Microsoft Word tambahkan saja  plugin Kamus Bahasa Indonesia.
Oia, dipostingan ini saya mau berbagi Plugin Kamus Bahasa Indonesia yang dibuat oleh Dr. Ir. Abdul Kadir, M.T., M.M., beliau adalah dosen Magister Teknologi Informasi UGM.


Berikut tutorialnya..
  • Download pluginnya disini kemudian Extract file.
  • Munculkan terlebih dahulu hidden folder AppData dengan cara buka Windows Explorer–>Organize–>Folder and Search Options–>pilih Tab View–>checkmark Show hidden files, folder, and drives-OK.

    Munculkan folder AppData.
  • Selanjutnya cari lokasi tempat untuk meletakkan plugin bahasa.dic yang telah di extract tadi dengan cara buka software Microsoft Word–>file–>Options–>Proofing–>Pada group When Correcting Spelling in Microsoft Office Programs pilih dan klik button Custom Dictionaries.

    Microsoft Word Options
  • Pada Form Custom Dictionaries lihat File path-ini adalah lokasi dimana file bahasa.dic akan kita tempatkan.

    Lokasi penempatan bahasa.dic
  • Selanjutnya copy dan pastekan file bahasa.dic ke lokasi File path tadi.

    Munculkan hidden folder AppData untuk menempatkan bahasa.dic

  • Setelah itu kembali ke form Custom Dictionaries  dan klik button Add pilih bahasa.dic sehingga sekarang muncul di form–>OK.

    Menambahkan bahasa.dic
  • Pada Microsoft Word pilih menu Review–> Language–>Set Proofing Language–>pilih default bahasa adalah English(U.S.) dan checkmark Detect Language Automatically–>OK

Nah, sekarang ketika Anda mengetik dan terjadi kesalahan ketik (dalam Bahasa Indonesia) maka secara otomatis ada garis merah di bawah tulisan yang salah tersebut. Okay, Semoga plugin ini bisa bermanfaat untuk Anda.

via  moko

About oh andrian

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment