Caranya Mengajarkan Anak Minta Maaf

APAKAH anak Anda enggan minta maaf?Jika anak berlaku demikian,Anda harus tetap mengajarkannya meminta maaf tanpa memaksa.


Ambil pendekatan proaktif sehingga anak akan termotivasi untuk meminta maaf sendiri. Melansir Dicipline, Rabu (8/4/2015), berikut beberapa strategi yang akan mendorong anak Anda untuk mengakui kesalahannya.
 
Tunjukkan
Tunjukkan situasi di mana anak harus meminta maaf. Tidak hanya itu, Anda juga harus mencontohkan gestur dan kalimat yang sopan.
 
Bicarakan tentang perasaan orang lain
Bicarakan dengan anak bagaimana perilakunya buruknya dapat berdampak pada orang lain. Jangan menggurui, sebaliknya contohkan situasi di mana anak Anda menjadi korban. Dengan ini, dia akan mengerti perbuatannya melukai orang lain.

Tanggung jawab
Kenalkan anak dengan tanggung jawab, misalnya ketika dia merusak mainan adik, gunakan uang sakunya untuk mengganti mainan yang rusak. Hal ini akan mengajarkan anak untuk bertanggung jawab atas tindakannya.

Manajemen emosi
Ajarkan anak bahwa menahan emosi di depan orang lebih baik untuknya. Jelaskan, emosi yang dilampiaskan dapat menyakiti orang lain.


Via LFOZ

About oh andrian

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment