Tips Mencegah PC Lemot

Ada 10 hal yang bisa dilakukan pengguna untuk membuat PC tetap dapat bekerja dengan normal atau tidak lemot. Beberapa langkah mengharuskan pengguna memasang hardware baru dan juga melakukan pengaturan pada software.
Dilansir Telegraph, ada 10 hal yang bisa dilakukan pengguna untuk membuat PC tetap dapat bekerja dengan normal atau tidak lemot. Beberapa langkah mengharuskan pengguna memasang hardware baru dan juga melakukan pengaturan pada software.
Gunakan RAM Berkapasitas Besar
RAM atau Random Access Memory digunakan oleh komputer saat mengeksekusi program yang berbeda-beda. Semakin banyak program yang digunakan, semakin besar kapasitas RAM yang diperlukan. Bila kapasitas RAM kurang, maka komputer bisa menjadi lambat saat pengguna mengakses file atau aplikasi berukuran besar.
Jalankan Fitur Disk Defragment
Untuk membuat komputer dapat melakukan proses penataan terkait informasi yang disimpan pada HDD, pengguna bisa menggunakan fitur Disk Defragment. Cara untuk mengakses fitur tersebut yakni, pengguna bisa menuju My Computer, klik kanan pada hard drive dan memilih Properties, kemudian di bawah kolom Tools terdapat tombol Defragment Now.
Jalankan Fitur Clean Up
Di dalam sistem operasi Windows, terdapat fitur Disk Cleanup. Fitur ini mencari melalui sistem untuk file besar yang tidak diperlukan seperti file internet temporer, program installers dan lain-lain. Untuk mengaksesnya, pengguna bisa mengikuti langkah Start > All Programs > Accessories > System Tools > Disk Cleanup.
Terapkan IP Statis Komputer
Saat pengguna melakukan start up komputer, maka sistem akan menghabiskan beberapa waktu untuk bertanya soal jaringan untuk alamat IP. Memiliki alamat IP statis tidak hanya membuat jaringan lebih mudah untuk melakukan pengaturan, tetapi juga mempercepat waktu start up komputer.
Pengguna bisa mengakses Network and Sharing Center dan pilih Change adapter settings. Kemudian klik kanan pada adapter lokal pengguna dan pilih Properties. Lalu, Anda perlu perhatikan terkait judul 'Internet Protocoal Version 4 (TCP/IPv4)' dan memilih tombol properties.
Pada kolom 'Use the following IP address', masukan IP, subnet mask dan default gateway secara benar, sesuai dengan jaringan Anda. Untuk menemukan IP, subnet mask dan default gateway, pengguna bisa mengakses Start, kemudian Run dan mengetikkan cmd. Pada modus command prompt, ketika IPCONFIG/All dan tampilan IP akan muncul.
Hilangkan Debu pada Hardware
Salah satu yang harus diperhatikan ialah menghilangkan debu-debu yang menempel pada komponen perangkat PC. Sebab, debu ini bisa mengganggu aliran udara, sehingga mempercepat panas dan menyebabkan komputer mengalami overheating. Bila demikian, performa komputer bisa berpotensi melambat.

About oh andrian

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment