Cara Lain Untuk Konsumsi Omega 3 Selain Dari Ikan

Omega 3, adalah nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, terlebih untuk jantung dan otak. Nutrisi ini bisa didapatkan dari ikan laut, misal ikan salmon, tuna atau sarden yang kaya akan omega 3. Namun, banyak orang yang tidak suka atau alergi terhadap ikan. Lalu apa ada makanan pengganti ikan, yang juga kaya kandungan omega 3 nya?

Kebanyakan orang yang tidak suka mengkonsumsi ikan, itu dikarenakan rasanya atau disebabkan oleh potensi kontaminasi merkuri dalam tubuh ikannya, dan bisa juga karena alergi makan ikan. Jika hal tersebut terjadi pada diri Anda, maka Anda tidak perlu pusing karena ada 2 cara lain konsumsi omega 3, selain dari ikan. Caranya adalah dengan konsumsi asam lemak omega 3 dari nabati atau tumbuhan, dan yang kedua dari suplemen yang mengandung omega 3.

Ikan laut yang mengandung minyak seperti salmon dan tuna, memang adalah sumber terbaik asam lemak omega 3. Namun, omega 3 dari sumber nabati pun bisa jadi penggantinya. Sumber asam lemak omega 3 dari bahan nabati dapat ditemukan dalam biji rami, kedelai, kenari atau dalam biji labu. Penelitian telah menunjukkan bahwa biji rami sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, dan mencegah terjadinya penyakit jantung.

Suplemen asam lemak omega 3 yang terbuat dari minyak ikan atau yang terbuat dari bahan nabati, mempunyai perbedaan struktural antara keduanya. Untuk minyak ikan, mereka mengandung 2 rantai panjang asam lemak yang disebut sebagai asam docosahexaenoic atau yang basanya disebut DHA, dan yang satunya adalah asam eicosapentaenoic atau yang disebut EPA, yang biasanya digunakan dalam tubuh untuk beberapa tujuan. Sedangkan, omega 3 dari minyak rami, mengandung asam alfa-linolenat atau ALA, yang mempunyai struktur berbeda dibandingkan EPA dan DHA. Tubuh harus bisa mengubah ALA atau DHA dan EPA dalam tubuh, karena semua ini tergantung dari asam lemak yang dibutuhkan dalam tubuh.

Minyak alga, juga merupakan sumber asam lemak omega 3 yang mengandung DHA. Minyak ini terbuat dari tanaman ganggang laut, dan biasanya juga bisa dijual dalam bentuk suplemen.

Kedua jenis suplemen dari minyak ikan atau pun dari nabati, merupakan asam lemak omega 3 yang sangat aman untuk dikonsumsi, selama masih mengikuti petunjuk dalam label. Namun juga harus mengikuti petunjuk dari dokter untuk konsumsi suplemen omega 3 ini. Jika memungkinkan, sumber omega 3 alami, lebih baik daripada yang harus melalui berbagai proses kimia.

Via Kesehatan

About oh andrian

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments :

  1. info yang sangat bermanfaat,cocok buat yang tidak bisa makan ikan.

    ReplyDelete